Sabtu, 24 Oktober 2009

Nulis Ala Blogger

0 komentar
Kalian udah pada kenal ama dunia maya kan?, itu tuh yang orang biasa nyebutnya dengan internet, tau kan? Ok kalo gitu. Nah, sekarang kalo udah pada tau internet, pasti tau yang namanya Web Log dong, ya kan? (hah? Nggak? Aduh bo...k emhh parah, ckk.). Aduh, susah deh jelasinnya. Gini ya, Web Log, ato orang biasa nyebutnya dengan Blog (nggak tau sapa yang ngubah), merupakan situs catatan pribadi yang berbentuk maya yang bisa kita liat dimanapun kita berada waktu itu. Ya… asalkan ada Hape', laptop atopun computer yang bisa kita gunakan untuk online alias terhubung ama internet. “lebih praktis dong?.” Yaiayalah, kita nggak usah bawa dairy catatan kita kesana-kemari atopun kesini kesitu, tinggal sekali klik udah bisa liat en bisa nulis sepuas-puasnya di Blog yang udah kita buat. Penulis sih nggak bisa ngejelasin secara detail apa itu Blog, dan nggak bisa ngejelasin juga gimana cara ngebuat Blog. Yah kalo ntrnya dijelasin, bisa-bisa nggak muat halamannya, ya kan?.

Kalian pada gemar nulis kan?, rugi bro kalo nggak suka nulis. Karena selain kita bisa jadi orang pinter, nulis juga bisa buat kita kaya lho, nggak percaya? Ya udah, kalo emang nggak percaya, coba sekarang kita mikir, siapa sih penulis yang miskin? Ato coba sekarang kita liat aja tuh si JK. Rowling dengan Herry Potter-nya, yang bisa menghasilkan bertriliun-liun duit dalam satu karya tulisnya, kebayang kan? So intinya cuman satu, nulis, nulis dan nulis. Apalagi dizaman seperti sekarang, mediator menulis udah pada lengkap. Dan salah satunya pada Blog ini, kita bisa menulis sekaligus sambil berinteraksi dengan orang diseluruh dunia. Di dalem Blog itu kebanyakan terdiri dari tulisan-tulisan ato sekedar foto. Blog mengenalkan kita pada dunia tulis-menulis yang nggak sekedar menulis. Tapi juga bisa berkenalan dengan orang diseluruh dunia. Dan hebatnya lagi nih ya, tulisan-tulisan kita yang telah kita taruh di Blog kita, pasti dengan sendirinya akan dikritik atopun dipuji oleh orang diseluruh dunia. Dan yang pasti orang itu telah membaca karya kita lewat Blog yang udah kita buat. Kan, dengan secara otomatis ketika kita dapet pujian dari pembaca Blog kita, kita akan lebih semangat lagi untuk menulis, dan ketika kita dapet kritikan, kita kan bisa memperbaiki tulisan kita agar lebih sempurna, ya nggak? Asyik nggak nulis di Blog? Hah?.

Menulis di Blog itu mengasyikan lho. Bener. Pengalaman penulis waktu masih baru mengenal Blog seru juga, pas mostingin (naruh:red) sepucuk puisi, nggak panjang-panjang sih puisinya, pendek banget. Penulis sich hanya iseng aja naruhnya. Eh tak taunya, nggak lama setelah diposting, setelah dicek lagi, udah dapet pujian dari pembaca. “Dan serunya nih ya, orang yang naruh pujian di Blog aku tuh cewek cantik, pake' kerudung lagi (swittt, swittt!!) ” kebayangkan serunya?.

Nah, sekarang kalo kita pada pengen tulisan kita dibaca banyak orang, tanpa harus ngirim ke media masa yang nggak pernah dimuat-muat (aduh bok capek!!), jangan sampai kita putus harapan Bro, untuk nulis. Teknogi dizaman sekarang tuh udah pade memadai, tapi kitanya yang nggak mo ngaplikasikan, iyo kan?. Udah gih, sana ke warnet dan bawa tulisan-tulisan yang emang nggak pernah dimuat dimedia masa yang udah kita kirimin. Buat aja web log dan posting (taruh; red) tuh semua karya tulis kalian di sana. Klo emang tulisan nggak pernah disukai media masa, belum tentu juga jelek kan dimata orang lain diseluruh dunia, tul kan?. “Tapi klo jelek gimana? Ntr malah nggak dapet pujian yang bagus, malah dapet ledekan, dari orang yang telah mengunjungi Blog kita. Gimana donk??” udah bro jangan pade mikir yang kayak gitu, yang penting kita nulis, ya nggak?? Dan kalo ntr bener kita malah dapet ledekan , tenang aja bro, (U+I= kita) kan masih penulis pemula. Karena “Nggak ada noda, ya nggak belajar”.he… Jadi, kegagalan adalah awal dari kehancuran, eh, kegagalan adalah awal dari sebuah keberhasilan (maaf ketellek!!). He..he..he..


Fandi
Camplong Punye Gaye

0 komentar:

Posting Komentar